Indmira Kembangkan Tricoderma jadi Bakterisida

May 16, 2019 - Article

Bakteri merupakan salah satu patogen penyebab penyakit pada tanaman. Adapun tanaman yg terkena bakteri biasanya pada bagian tanaman tersebut akan busuk, berair, dan lunak. Pada kasus ini jelas petani menjadi pihak pertama yang dirugikan. Oleh karena itu serangan bakteri patogen ini perlu di cegah dan ditangani dengan baik agar tidak menyebar.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Tim Riset Indmira telah mengembangkan jenis jamur bernama Tricoderma yang dapat berfungsi sebagai fungisida. Fungisida ini telah diproduksi dan terbukti efektif menghambat pertumbuhan jamur pada tanaman. Mengingat sifat dasar tricoderma yang antagonis (bersifat preventif terhadap penyakit tanaman) maka tim riset Indmira menguji lebih lanjut kemampuan tricoderma.

Riset yang dilakukan bertujuan untuk menguji tricoderma dalam melawan bakteri patogen tanaman. Pada ujicoba kali ini, Indmira mengujicobakan trichoderma sp pada tanaman buah naga dan wortel yg terkena bakteri.

Hasil ujicoba membuktikan bahwa tricoderma berhasil menghambat pertumbuhan bakteri patogen dengan mekanisme antibiosis. Mekanisme antibiosis ini merupakan mekanisme antagonis dengan menghasilkan senyawa mirip antibiotik.  Sedangkan antibiotik ini merupakan senyawa organik yang mampu menghambat pertumbuhan atau aktivitas metabolisme mikroba lain. Kemampuan tricoderma ini membuktikan bahwa tricoderma  juga berfungsi sebagai bakterisida.

Diharapkan kemampuan tricoderma dalam melawan bakteri ini ini dikembangkan lebih lanjut agar mampu digunakan secara efektif pada tumbuhan. Kita tunggu penemuan-penemuan baru dari Tim Riset Indmira selanjutnya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *