Mengenal Workshop Tabulampot Indmira

October 23, 2017 - News

Indmira kembali mengadakan pelatihan yang masih sejalan dengan tema pelatihan urban farming. Tema yang diangkat yakni Pelatihan Tanaman Buah dalam Pot (Tabulampot). Kegiatan ini dilaksanakan Sabtu, 14 Oktober 2017 di Indmira.  Peserta pelatihan dari kalangan umum yang sebagian besar sudah atau akan purna tugas.

Tabulampot termasuk urban farming karena kita bisa memanfaatkan lahan sempit di perkotaan untuk bisa produktif.  Salah satu contohnya dengan menanam Tabulampot. Ni Wayan Anik Leana selaku pemateri menjelaskan selain bernilai ekonomi, Tabulampot juga memiliki estetika yang tinggi serta nilai jual cukup menggiurkan.. “Bisa dibilang Tabulompot hampir mirip seperti bonsai tetapi  menghasilkan buah yang bisa dikonsumsi,” tambah Anik.

Rangkaian kegiatan Pelatihan Tabulampot terdiri dari diskusi materi Tabulampot. Dilanjutkan kunjungan ke kebun melihat langsung Tabulampot yang ada di Indmira. Serta sekaligus menginformasikan tips-tips budidaya Tabulampot.

Berdasarkan hasil diskusi beberapa peserta, di antara mereka ada yang sudah membudidayakan tanaman buah tetapi di lahan. Mereka mengalami beberapa kendala salah satunya tanaman buahnya sulit untuk berbuah. “Di sana kami berdiskusi bersama, menjelaskan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi,” ujar Anik. Ia menambahkan, faktor yang mempengaruhi hal tersebut bisa dikarenanakan nutrisi, sinar matahari, perawatan salah satunya pemangkasan, dan sebagainya.

Perbandingan penanaman menggunakan teknik di Lahan dan Tabulampot memiliki beberapa perbedaan yang spesifik. Jika di Lahan akar tanaman cukup bebas mencari makanan atau unsure  hara, sedangkan di dalam pot terbatas oleh ruang. Jadi, kita harus memaksimalkan nutrisi yang ada.  Biasanya Tabulampot disarankan harus sering menambahkan nutrisi seperti penambahan  unsur-unsur makro 2 kali atau mikro 3-4 kali dalam setahun.

Tabulampot juga memiliki perlakuan khusus tersendiri yakni harus rajin diberikan tambahan nutrisi, perawatan seperti pemangkasan dan penyiraman. Serta meletakkan tanaman di sinar matahari cukup agar pertumbuhan dan buah yang dihasilkan optimal. Perawatan Tabulampot relatif gampang karena tidak memerlukan lahan luas.

Output pelatihan ini diharapkan peserta bisat membudidayakan Tabulampot. Pelatihan tabulampot kedepannya diharapkan rutin dilaksanakan oleh  Indmira. Kebetulan Indmira memiliki display lahan tabulampot dan produk yang bisa membantu atau merangsang pembungaan pada tanaman.

(cbs)

Print Friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *