Merdeka Pangan, Merdeka Bebas Sampah, Merdeka Indonesia!

August 18, 2018 - News

Menyambut hari kemerdekaan Indonesia, Indmira bersama tim Project B Indonesia mengadakan workshop dan pelatihan mengolah sampah. Project B Indonesia adalah sebuah unit usaha yang memanfaatkan sampah menjadi berbagai macam kerajinan tangan yang bermanfaat dan memiliki nilai jual. Masyarakat umum dari karyawan, mahasiswa, ibu-ibu bersama Indmira berharap mampu menciptakan kepedulian lingkungan dengan mendaur ulang sampah yang ada disekitar kita.

“Merdeka Pangan, Merdeka Bebas Sampah” adalah tema acara yang berlangsung di Kebun Sendang Indmira. Acara  tersebut berlangsung pada 16 agustus 2018 bersama kurang lebih 20 peserta dari berbagai kalangan. Peserta yang mengikuti acara membawa sampahnya, kemudian diolah bersama-sama menjadi berbagai kerajinan.

Pertama-tama peserta diajarkan oleh tim project B mengolah sampah plastik menjadi tas. Baik laki-laki maupun perempuan bersama-sama belajar mendaur ulang sampah. Selain itu, peserta juga diajarkan mengolah sampah botol menjadi wadah media tanam. Wadah tersebut selanjutnya dapat dijadikan tempat tanaman. Konsep tanam dengan menggunakan sampah botol adalah vertikultur. Vertikultur sendiri tidak membutuhkan banyak lahan, sebab tanaman dapat digantung dimanapun tanpa harus ditanam lansung di lahan.

Setelah mengolah sampah botol menjadi wadah meida tanaman, selanjutnya peserta bersama-sama memasukan bibit tanaman kedalam wadah tersebut. Adapaun bibit tanaman yang ditanaman antara lain, bunga matahari, sawi, pakcoy dan masih banyak lainnya. Wasah yang sudah diisi dengan bibit tanaman selanjutnya ditanam dilahan sendang dengan menggantungkannya di  pohon dan dinding.

Kegiatan terakhir setelah belajar bersama mendaur ulang sampah adalah makan bersama. Makanan yang dihidangkan berasal dari hasil tanam tanaman yang dibudidayakan di kebun sendang. Olahan makanan yang disajikan berupa es bunga telang, sukun goreng dan multigrain rice. Peserta sangat menikmati hidangan sebab hidangan tersebut jarang ditemui di tempat-tempat makan pada umumnya.

Dirgahayu Republik Indonesia ke-73 tahun. Merdeka pangan, Merdeka Bebas Sampah!

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *