Ngebun Bareng Indmira dan Gi Food: “Let’s Stop The Food Waste!”

November 6, 2018 - News

Bekebun bersama Indmira hadir kembali di hari Sabtu lalu (03/11/2018). Pada kesempatan kali ini Indmira berkolaborasi bersama Gi Food untuk mengolah sisa makan. Kegiatan ini diikuti oleh semua kalangan masyarakat yang ada di Yogyakarta, baik individu maupun komunitas.

Acara tersebut diawali dengan mengajak peserta berkeliling disekitar kantor untuk melihat-lihat display tekonologi yang ada di kantor Indmira. Display teknologi yang ada di kantor Indmira antara lain tanaman di lahan marginal, sayuran hidroponik, dan juga sayuran yang ditanaman di rooftop kantor. Selain itu, peserta diajak juga untuk memanen sayuran yang ada.

Seusai berkeliling kantor kemudian peserta diarahkan untuk berkebun di kebun Sendang yang tempatnya tidak  jauh dari kantor Indmira. Kebun Sendang tidaklah seperti kebun produksi pada umumnya. Lahan di kebun Sendang tidak terlalu luas yang ditunjukan untuk kebun komunitas. Dimanfaatkan bersama untuk menanam berbagai macam tanaman buah dan juga sayuran.

Di acara berkebun di kebun Sendang kali ini, kami belajar membuat pupuk cair. Gi Food membawakan bahan utama berupa sisa makanan yang didapat melalui jaringan platform Gi Food yang menghubungkan orang-orang yang memiliki makanan berlebih kepada mereka yang membutuhkan. Tetapi dalam kesempatan berkebun bersama Indmira, makanan berlebih yang didapat Gi Food akan diolah menjadi pupuk organik cair.

Pada persiapan pembuatan pupuk cair yang dilakukan adalah persiapan bahan-bahan untuk pupuk cair antara lain seperti : terasi, garam, gula merah, air kelapa, air cucian beras, air, ragi, dan makanan berlebih atau sisa makanan yang ada. Kemudian, campurkan bahan-bahan menjadi satu dalam komposter yang sudah tersedia. Sembari melakukan praktek pembuatan pupuk organik cair, dilakukan juga sharing session oleh Dwiki dari Gi Food mengenai betapa berbahayanya food waste bagi sekitar kita dan posisi Indonesia sebagai salah satu yang tebesar terhadap food waste di dunia. Berdasarkan Food Sustainability Index 2017 yang dirilis oleh The Economist Intelligence Unit (EIU), Indonesia menempati peringkat kedua terbawah atau hanya lebih baik dari Arab Saudi.

Jadi, sharing session kali ini diharapkan mampu memberikan kesadaran  kepada peserta untuk untuk mulai perduli terhadap food waste yang dilakukan ketika memasak maupun makan pada kehidupan sehari-hari serta memanfaakan potensi diri yang dimiliki seperti : pemanfaatan dari food waste untuk kehidupan dan lingkungan di sekitar kita.

Akhir dari acara berkebun kali ini adalah makan bersama hasil panen diantaranya ada es bunga telang campuran mint dan serai, dan stroberry squash serta hidangan utama berupa urap. Dengan adanya acara ngebun bareng seperti ini, Indmira berharap masyarakat mendapat ilmu baru bahwa makanan yang tersisa di rumah kita bisa dimanfaatkan dan bernilai lebih dengan menjadikannya pupuk organik cair. Let’s stop the food waste!

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *