Ngebun Bareng Indmira: “Lets Grown Your Own Food”

August 7, 2018 - Article blog News

Lets grown your own food merupakan merupakan tema dari acara berkebun yang diadakan oleh Indmira dan diperuntukan bagi masyarakat umum di Yogyakarta. Kegiatan tersebut dapat diikuti oleh semua kalangan masyarakat yang ada di Yogyakarta, baik individu maupun komunitas.

Acara berkebun diadakan pada 4 agustus 2018, diikuti oleh sekitar 37 orang dari masyrakat umum, komunitas dan karyawan Indmira. Acara tersebut diawali dengan mengajak peserta berkeliling disekitar kantor untuk melihat-lihat display tekonologi yang ada di kantor Indmira. Display teknologi yang ada di kantor Indmira antara lain tanaman di lahan marginal, sayuran hidroponik, dan juga sayuran yang ditanaman di rooftop kantor. Setelah itu, peserta diajak untuk memanen sayuran yang ada di rooftop kantor antara lain loncang, sawi, pakcoy, selada dan masih banyak lainnya. Konsep berkebun yang dilakukan di rooftop adalah urban farming. Konsep urban farming ialah memanfaatkan lahan yang seadaanya agar dapat bermanfaat dan dapat menghasilkan sesuatu.

hasil kebun

Setelah itu, peserta diarahkan untuk berkebun di kebun Sendang yang tempatnya tidak  jauh dari kantor Indmira. Kebun sendang tidaklah seperti kebun pada umumnya, lahan di kebun sendang tidak terlalu luas namun dapat dimanfaatkan dengan menanam berbagai macam tanaman buah dan juga sayuran.

Di acara berkebun kali ini, kami belajar bersama menanam, membenihkan, dan juga memanen. Setelah acara berkebun selesai, kegiatan selanjutnya adalah sharing session oleh mas Dityo dari Wikikopi yang memberikan sedikit materi dan juga praktik langsung cara membuat kopi yang benar agar menghasilkan rasa yang nikmat. Selain mas Dityo dari Wikikopi, pemateri lain yang berbagi ilmu adalah mas Irwin dan Syauqi dari Jala. Jala merupakan startup company yang memanfaatkan teknologi Internet Of Thing untuk membantu petani udang dalam memonitor kondisi air tambak juga mempermudah dalam sistem perencanaan dan pelaporan kegiatan tambak. Sharing session kali ini diharapkan mampu memberikan inspirasi kepada peserta untuk mulai perduli terhadap pertanian dan juga petani agar dapat membantu petani dan pertanian maju dengan memanfaakan potensi diri yang dimiliki.

Akhir dari acara berkebun kali ini adalah makan bersama hasil panen diantaranya ada es bunga telang campuran mint dan serai, urap daun singkong, serta tiwul dengan campuran nasi jagung.

Dengan adanya acara ngebun bareng seperti ini, Indmira berharap masyarakat mendapat ilmu baru bahwa berkebun mudah dan menyenangkan serta berkebun tidak harus dilahan yang luas. Masyarakat dapat memanfaatkan lahan pekarangan rumah yang tidak produktif untuk menumbuhkan apa yang mereka makan. Lets grow your own food!

Berkebun Bersama

 

 

Print Friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *