Pupuk Indmira jadi Andalan di Ponorogo

May 13, 2019 - Article

(Sabtu, 6 April 2019) Indmira berkunjung ke kelompok tani bernama Tani Makmur yang terletak di Desa Siwalan, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo. Kelompok Tani Makmur ini merupakan petani binaan dari Indmira yang menguji coba pupuk buatan Indmira untuk tanaman melon. Indmira hadir untuk membantu petani melon membudidayakan melon dan menanggulangi hama dan penyakit yang menyerang tanaman melon.

Seragan hama dan penyakit dapat menyebabkan kerugian besar bagi petani melon, begitupula nutrisi yang tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman. Kerugian-kerugian petani melon ini perlu untuk diminimalisir sebab luas lahan melon ini mencapai puluhan hektar. Petani akan merugi puluhan hingga ratusan bila tanaman melon tidak ditangani. Oleh karena itu pemberian pupuk dan usaha pengendalian hama penyakit tanaman melon menjadi perhatian bagi Indmira.

Pada kesempatan ini Indmira memberikan sambutan, diwakili oleh Andi Nusa Patria. Bapak Andi menyampaikan bahwa Indmira  memiliki mimpi bahwa petani dapat hidup sejahtera. Indmira akan menyediakan kebutuhan yang diperlukan petani baik nutrisi tanaman dan pestisida alami untuk menangani hama dan penyakit tanaman agar petani memperoleh hasil maksimal.

Setelah selesai di Desa Siwalan, tim Indmira berpindah di desa Demangan yang juga kelompok petani binaan Indmira. Di lahan ini, petani menunjukkan bahwa hasil panen melonnya yang diberi pupuk Indmira menghasilkan kuantitas panen yang lebih besar dan tingkat melekatnya buah lebih tinggi.

Budidaya melon di musim hujan seperti sekarang ini menjadi tantangan bagi petani. Melimpahnya air hujan menjadi keuntungan namun di sisi lain menjadi kebuntungan bagi petani. Ada berbagai resiko yang dapat menghampiri tanaman dengan curah hujan yang tinggi. Salah satunya adanya penyakit yang dikarenakan jamur (fungi) yang menutupi daun melon sehingga mengahambat fotosintesis dan menyebabkan kualitas buah rendah. Salah satu petani di desa Demangan mengatakan bahwa penyakit jamur yang selama ini menyerang daun melon ini dapat ditekan penyebarannya dengan produk Tricogreen dari Indmira.

Bertepatan dengan kunjungan Indmira ini, ada 200 petani yang turut hadir dalam panen raya ini. Diharapkan dari pembinaan ini, petani dapat membudidayakan melon dengan kuantitas dan kualitas terbaik serta memperhatikan keberlanjutan ekosistem di sekitar lahan

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *