Riset Project Rehabilitasi Pasca Tambang Timah untuk Pertanian


PT Refinet Bangka Tin (RBT)
Desa Penyamun Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka Kepulauan Bangka Belitung Indonesia
Show Map
Agustus 2017-November 2018

Project Background


Project Reklamasi bekas lahan tambang bersama PT Refinet Bangka Tin (RBT), perusahaan tambang timah yang beroperasi di Bangka Belitung. Tujuan reklamasi ini untuk menghindari dampak lingkungan pasca tambang. Selain hal tersebut, reklamasi dilakukan agar lahan bekas tambang memberikan sumber penghasilan alternatif bagi masyarakat di masa depan. Kegiatan pengembalian lahan ini dilakukan melalui program reklamasi berkelanjutan bertajuk “Green For Good”.  Kegiatan yang dilakukan dengan tujuan utama yaitu menanam tanaman hutan dan tanaman pangan yang bernilai ekonomis serta aman untuk dikonsumsi. Lahan tersebut ditanami dengan tanaman pangan yang sudah melalui uji coba penanaman dan uji keamanan seperti tanaman nanas, jagung, dan buah-buahan tidak mengandung logam berat.

The Challenge


Lahan bekas tambang timah dengan karakter tanah berpasir

pH 3-4

Curah Hujan Tinggi

The Handiworks

Plotting

Plotting dilakukan untuk menentukan ruang tanam (jarak tanam).

Pengolahan Tanah dan Aplikasi Biostimulant untuk memperbaiki struktur tanah

Tanah digemburkan agar biostimulant dapat lebih mudah memperbaiki struktur tanah. Biostimulant yang digunakan khusus dibuat untuk memperbaiki lahan pasca tambang. Kami menggunakan biostimulan yang menggandung asam-asam organik, 60 - 90 unsur makro dan mikro, BPS (Bakteri Pendegradasi Sulfat) digunakan dalam menurunkan kandungan sulfat sehingga dapat meningkatkan pH tanah bekas tambang. Bakteri pereduksi logam berat seperti Hg, Fe, Mg, Mn, Si, Sn dan lain-lain juga terkandung dalam nutrisi guna membantu peningkatan kualitas lahan. Setelah diberikan biostimulan, tanah disiram hingga jenuh dan didiamkan selama ± 2 minggu dengan tetap menjaga kelembaban.

Penanaman

Sebelum melakukan penanaman dilakukan penambahan hidrogel yang fungsinya sebagai cadangan air saat tidak turun hujan juga dilakukan di beberapa bagian. Penanaman tanaman pangan dilakukan setelah rehabilitasi lahan selesai, disertai pemantauan dan pemeliharaan.

Print Friendly
SAVE AS PDF

Interested In Our Services? Let's Work Together