Geosphere bersama Indmira: Les’t Green The Earth with Our Hands

November 26, 2018 - News

Indmira bergabung dalam Geography Festival about Nature and Cultural Atmosphere (Geosphere) yang salah satu rangkaian kegiatannya menghijaukan bumi bersama pada hari sabtu lalu (24/11/2018) di Petak 84, RPH Menggoran, Desa Menggoran, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul. Kegiatan ini dilatar belakangi oleh data dari Global Forest Resources Assesment (FRA) yang dirilis oleh Badan Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) bahwa Indonesia menempati peringkat kedua dunia tertinggi kehilangan hutam setelah Brasil.

Peserta yang ikut berperan dalam kegiatan Geosphere terdiri atas mahasiswa yang berasal dari berbagai jurusan dan para penggiat yang peduli terhadap lingkungan sekitar. Acara kegiatan dimulai dengan sambutan dan materi yang diberikan oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung. Kemudian  peserta berjalan dari kantor Resort Pengelolaan Hutan menuju tempat penanaman yaitu petak 84. Walaupun sebelum dimulainya penanaman sempat terjadi hujan, tetapi peserta tetap antusias dan berpastipasi aktif  dalam penanaman 2000 tanaman jati sehingga menambah semangat kegiatan penanaman.

Dalam penanaman tidak hanya dilakukan oleh peserta Geosphere tetapi juga melibatkan kelompok tani setempat dan penjaga di Resort Pengelolaan Hutan. Hal ini, bertujuan agar ketika tanaman jati yang ditanam tetap dapat terawat dan berhasil tumbuh. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat menumbuh kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya peran hutan dalam kehidupan.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *